SYARAT DAN KETENTUAN GPAY
INSTRUKSI ANDA PRIORITAS KAMI
- Seluruh instruksi pemakaian aplikasi anda akan berasal dari aplikasi mobile atau online
- Anda akan diminta untuk melakukan otorisasi atas instruksi Anda dengan menggunakan berbagai jenis informasi keamanan (misalnya PIN, nama Pengguna, kata sandi, token OTP) apabila dibutuhkan. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas Penggunaan dan kerahasiaan atas segala jenis informasi keamanan yang digunakan untuk bertransaksi. Pastikan Anda tidak memberitahu informasi keamanan Anda kepada orang lain, termasuk staff GPay.
- Setelah melakukan otorisasi, kami akan menjalankan instruksi Anda.
- Anda memahami dan menyetujui metode pengiriman informasi secara elektronik yang digunakan untuk mengirimkan data Pengguna dan segala risikonya. Anda menyatakan menyetujui untuk membebaskan GPay dari segala kerugian yang timbul.
KEAMANAN ANDA TERJAMIN
- Sesuai dengan persyaratan dari GPay Indonesia (Regulator Uang Elektronik di Indonesia), Anda diminta untuk memberikan data pribadi saat melakukan pendaftaran pertama kali di aplikasi GPay.
- Pastikan informasi yang Anda berikan adalah informasi yang benar dan akurat, dan mohon menginformasikan kembali kepada GPay jika terdapat perubahan. Anda dapat menghubungi kami di hello@gpay.id.
- Kami memastikan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang Anda berikan terjaga dengan baik. Penggunaan data Anda akan kami lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Anda wajib memberitahukan dan menyampaikan perubahan Data kepada GPay. Perubahan tersebut hanya berlaku jika telah diterima dan/atau disetujui oleh GPay. Dalam hal GPay tidak menerima informasi apapun mengenai perubahan Data, maka GPay akan menggunakan Data Pengguna yang tercatat pada sistem GPay.
- Anda wajib menanggung segala akibat dan/atau kerugian yang mungkin timbul dari kelalaian Pengguna dalam memperbaharui Data pada GPay.
KAMI MEMAHAMI ANDA
- Kami akan selalu transparan mengenai produk/layanan kami, termasuk ketika terdapat perubahan dalam Syarat dan Ketentuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Agar kami dan Anda saling memahami, kami meminta Anda untuk membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini atau ketentuan lain di situs kami, gpay.id sesuai spesifik layanan yang akan Anda peroleh sehingga dengan ini Anda mengakui bahwa Anda telah membaca seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini pada saat Anda mendaftar pada aplikasi kami, dan Anda memahami dan menyetujui sepenuhnya atas seluruh ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini. Jika Anda tidak setuju dengan ketentuan dan/atau isi Syarat dan Ketentuan ini, atau tidak dapat secara akurat memahami interpretasi terhadap ketentuan-ketentuan tersebut, maka dimohon untuk tidak melanjutkan Syarat dan Ketentuan ini.
- Jika ada pertanyaan atau masukan mengenai GPay, Layanan Pengguna siap membantu Anda.
SYARAT DAN KETENTUAN
DEFINISI
- “GPay” adalah PT. GPay Digital Asia, berkedudukan di Jakarta Pusat, yang terdiri dari kantor pusat, dan Booth GPay yang berada di kantor cabang, Layanan Pengguna (Call Center GPay), serta berbagai bentuk kantor lainnya.
- “Aplikasi GPay” adalah produk/layanan aplikasi pembayaran mobile berbasis uang elektronik yang dikeluarkan oleh GPay Digital Asia dan terunduh / terpasang di smartphone Pengguna.
- “Pengguna” adalah individu yang terdaftar pada GPay.
- “Akun” adalah identifikasi khusus yang dibuat di GPay berdasarkan permintaan pendaftaran Pengguna.
- “Data” adalah segala infomasi yang masuk ke dalam aplikasi GPay dan yang telah diolah di aplikasi GPay.
- “Saldo” adalah keterangan sejumlah uang yang ada di Akun GPay
- “Isi Ulang (Top Up) adalah kegiatan Pengguna GPay dalam menambahkan nilai ke dalam Akun GPay melalui transfer bank atau secara tunai.
- “Kami” adalah PT GPay Digital Asia yang mempunyai brand bernama GPay yang telah terdaftar di HAKI.
- “Merchant” adalah klien yang yang terdaftar secara legal dan melakukan kerjasama dalam hal memakai jasa pelayanan pembayaran yang disediakan oleh GPay.
- “Layanan” adalah program, jasa, produk, fitur, sistem, fasilitas yang disediakan dan/atau ditawarkan dalam Aplikasi atau media lainnya.
- “Layanan Pengguna (Call Center GPay) atau hello@gpay.id” adalah fungsi customer service center untuk Pengguna GPay yang dapat dihubungi lewat panggilan telepon dan/atau email.
- “Pengguna GPay” adalah Pengguna Aplikasi yang telah resmi terdaftar di aplikasi GPay.
- “Syarat dan Ketentuan” berarti Syarat dan Ketentuan ini berikut setiap perubahan, penambahan, penggantian, penyesuaian dan/atau modifikasinya yang dibuat dari waktu ke waktu.
- “Transaksi” berarti segala transaksi, kegiatan, aktivitas dan/atau aksi yang dilakukan dalam atau melalui aplikasi, Akun dan/atau Security Code termasuk Penggunaan Layanan atau fitur-fitur tertentu dalam layanan atau aplikasi
- “Login Fingerprint (One Touch)” adalah suatu metode untuk masuk ke dalam Aplikasi Mobile yang tersedia hanya untuk Pengguna yang menggunakan smartphone yang memiliki fitur fingerprint scanner.
PERSYARATAN DAN TATA CARA
- Sejumlah persyaratan berikut harus dipenuhi agar dapat mendaftar GPay:
- Berusia 17 tahun atau lebih;
- Memiliki wewenang untuk mengambil tindakan hukum menandatangani perjanjian mengikat dengan GPay dan tidak dilarang untuk melakukannya; berdasarkan hukum yang berlaku; dan
- Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing;
- Mempunyai KTP / SIM / KITAS / PASSPORT.
- Pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile yang dapat diunduh melalui Apple store dan Google play store. Dengan demikian, (calon) Pengguna harus memiliki smartphone dengan kriteria minimum yang dipersyaratkan oleh GPay dan memiliki nomor ponsel Indonesia yang aktif dan valid agar dapat menerima SMS yang dikirim oleh GPay.
- Sebagai prasyarat, Pengguna wajib memberikan alamat email aktif miliknya sendiri yang memiliki kapasitas memadai untuk menerima pesan yang dikirim oleh GPay. GPay tidak bertanggung jawab atas keabsahan, kepemilikan, aktivitas, dan kapasitas alamat email tersebut.
- Setelah proses pendaftaran diselesaikan Akun akan dibuka oleh GPay. Pada awalnya, Akun tidak ada saldo dan harus di isi ulang oleh Pengguna agar bisa melakukan transaksi di merchant. Seluruh transaksi lainnya, termasuk penarikan dan/atau transfer keluar dari Akun hanya dapat dilakukan setelah GPay menyelesaikan proses verifikasi sesuai dengan ketentuan GPay dan hukum serta perundangan yang berlaku, dan Akun tersebut telah sepenuhnya menjadi berstatus aktif.
- Jika permohonan pembukaan Akun ditolak setelah proses verifikasi oleh GPay, Akun tersebut akan ditutup secara otomatis. Jika terdapat dana dalam Akun, GPay akan mengembalikan seluruh jumlah dana yang ada (tanpa ada biaya dan/atau bunga) dengan mentransfer dana tersebut ke rekening milik Pengguna di rekening yang telah ditentukan oleh Pengguna. GPay akan menghubungi Pengguna melalui email dan/atau telepon untuk memperoleh informasi rekening tersebut (bila belum terdaftarkan).
- Dalam hal Pengguna melakukan pemindahan dana melalui aplikasi GPay ke bank luar Indonesia dalam mata uang yang berbeda dari Rekening yang dimiliki, GPay berhak untuk melakukan konversi dengan menggunakan kurs mata uang yang berlaku pada saat konversi dilakukan. Pengguna menyadari dan bertanggung jawab atas risiko fluktuasi nilai tukar sehubungan dengan konversi mata uang tersebut
- Pengguna setuju untuk melepaskan GPay dari seluruh kerugian, tanggung jawab, tuntutan, dan biaya (termasuk biaya adanya gugatan hukum) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi instruksi Pengguna, kecuali Pengguna dapat membuktikan lain dan/atau transaksi tersebut dieksekusi karena kesalahan GPay.
- Pendebitan dan pengkreditan rekening dilakukan dengan isi ulang tunai, transfer dana masuk/keluar, atau dengan cara serupa lainnya yang disediakan oleh GPay, yang akan dieksekusi berdasarkan instruksi Pengguna.
- Akun adalah basis dari segala hubungan dengan GPay, dan jika Akun ditutup, maka rekening tambahan dan layanan lain yang terkait rekening GPay juga akan turut ditutup.
- Penutupan akun dapat dilaksanakan oleh Pengguna dengan menghubungi Layanan Pengguna (Call Center GPay) atau email ke hello@gpay.id
- Pengguna setuju bahwa GPay berhak untuk menutup, memblokir, atau membekukan akun dan/atau layanan/fasilitas GPay lainnya, sekaligus membebankan biaya administrasi penutupan rekening dan biaya-biaya lain yang berlaku pada GPay, antara lain jika:
- Salah satu rekening yang dimiliki Pengguna diduga telah disalahgunakan, meliputi tetapi tidak terbatas pada mengakomodasi dan/atau melakukan tindak kriminal dan/atau telah atau akan terjadi penipuan yang terkait dengan Rekening dan/atau layanan/fasilitas termasuk yang menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan pihak lain, dan/atau GPay.
- Pengguna memberikan data/informasi yang dianggap mencurigakan oleh GPay dan/atau memberikan data/informasi palsu/tidak valid/tidak lengkap, dan/atau tidak bersedia memberikan data/informasi apapun yang diminta oleh GPay sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku. Pengguna terkena sanksi screening berdasarkan peraturan yang berlaku di GPay dan/ atau sanksi screening pada negara penerima.
- Profil data Pengguna identik dengan Daftar Teroris dan Terduga Teroris (DTTOT) dan Daftar proliferasi senjata pemusnah masal
- Terdapat permintaan tertulis dari instansi Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kantor Pajak, atau lembaga berwenang lainnya sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku atau untuk memenuhi kewajiban/utang yang belum diselesaikan oleh Pengguna kepada GPay.
- Jika Pengguna:
- meninggal dunia,
- di bawah perwalian karena alasan tertentu,
- tidak memliki hak untuk mengatur, mengelola, atau memiliki kekayaan.
maka Rekening hanya dapat ditutup/dicairkan dan saldo yang tersisa akan dibayarkan.kepada pihak yang ditunjuk/pewaris/pengganti hak yang sah sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku serta persyaratan yang ditetapkan oleh GPay. GPay dengan ini berhak memeriksa kelengkapan serta keabsahan dokumen yang diserahkan.
- Apabila terjadi perselisihan antara Pengguna dengan pihak yang ditunjuk atau antara para pihak yang mengaku ahli waris Pengguna maka GPay berhak untuk tidak melakukan pembayaran kepada siapapun sampai adanya penyelesaian antara pihak yang terkait atau sesuai keputusan pengadilan yang telah berkekuatan tetap.
- Akun GPay hanya dapat digunakan oleh Pengguna sendiri dan tidak dapat dipindahtangankan atau dialihkan dalam bentuk apapun dan dengan cara apapun kepada pihak lain.
MANFAAT DAN RISIKO
MANFAAT
- Aplikasi Mobile GPay tersedia bagi Pengguna untuk melakukan seluruh layanan transaksi keuangan dan non keuangan yang disediakan oleh GPay, kecuali untuk transaksi tunai. Pengguna akan dibantu oleh Layanan Pengguna (Call Center GPay).
- Layanan Pengguna tersedia untuk Layanan Bantuan Pengguna seperti pengajuan pertanyaan atau pengaduan.
RISIKO
- Pengguna bertanggung jawab untuk memastikan seluruh data dan instruksi yang diberikan pada GPay telah benar dan lengkap. GPay tidak bertanggung jawab atas dampak apapun yang dapat disebabkan oleh kelalaian, ketidaklengkapan atau ketidakjelasan data dan/atau instruksi yang diberikan oleh Pengguna.
- Untuk tiap transaksi yang menggunakan Aplikasi GPay, data dan/atau instruksi yang diberikan Pengguna akan dianggap benar dan valid untuk dieksekusi oleh GPay.
- Pengguna dengan ini setuju bahwa GPay berhak untuk tidak menjalankan instruksi Pengguna meliputi, tetapi tidak terbatas pada keadaan berikut:
- saldo akun Pengguna tidak mencukupi;
- akun tersebut dikenakan penyitaan atau blokir;
- GPay memiliki alasan untuk mencurigai adanya tindakan fraud atau criminal
- Jika terjadi sengketa antara Pengguna dan pihak ketiga, GPay berhak untuk tidak melakukan pembayaran atau transfer pada siapapun hingga persengketaan yang terjadi antara pihak-pihak tersebut telah diselesaikan dan/atau sesuai dengan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.
- Pengguna dengan ini setuju bahwa GPay berhak untuk menghentikan sementara layanan melalui Aplikasi GPay untuk periode yang telah ditentukan untuk tujuan pemeliharaan, dan tujuan lainnya yang dianggap sah oleh GPay, dengan atau tanpa pemberitahuan sebelumnya pada Pengguna dan tanpa bertanggung jawab pada siapapun.
- Pengguna dengan ini setuju bahwa GPay memiliki hak mutlak untuk memperbaharui, memodifikasi, atau mengubah situs web atau perangkat lunak apapun (termasuk aplikasi GPay atau aplikasi lainnya) yang digunakan untuk mengakses GPay sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan tanpa memberikan alasan apapun.
- Pengguna dengan ini setuju bahwa GPay berhak untuk tidak mendukung versi sebelumnya dari perangkat lunak (mobile app) yang digunakan. Jika Pengguna gagal untuk memperbaharui perangkat lunak yang relevan atau menggunakan versi yang disempurnakan, GPay tidak bertanggung jawab atas segala konsekuensi yang ditimbulkannya.
- GPay tidak bertanggung-jawab atas Penggunaan aplikasi GPay pada perangkat yang tidak didukung oleh aplikasi GPay, termasuk namun tidak terbatas pada perangkat yang di-jailbreak atau root.
INFORMASI KEAMANAN
- Informasi keamanan berupa Nama Pengguna, Kata Sandi, OTP (One Time Password), kode QR, dan PIN akan dibutuhkan untuk login, aktivasi perangkat, dan mengeksekusi setiap transaksi yang menurut GPay dibutuhkan sebagai tujuan otentikasi. Untuk tiap informasi keamanan yang akan ditentukan dan ditetapkan oleh Pengguna, Pengguna harus memastikan untuk menggunakan Kata Sandi yang kuat dan tidak memasukkan Kata Sandi yang mudah ditebak serta informasi diri seperti tanggal lahir dan alamat. Penggunaan informasi tersebut akan dianggap sebagai Kelalaian Pengguna. Pengguna bertanggung jawab penuh terhadap keamanan dan kerahasiaan seluruh Penggunaan aplikasi GPay
- informasi keamanan akan menjadi rahasia di bawah tanggung jawab Pengguna, karena informasi tersebut memiliki keberlakuan setara dengan instruksi tertulis yang ditandatangani oleh Pengguna, dan akan diperlakukan sebagai otorisasi eksplisit oleh Pengguna agar GPay melaksanakan transaksi melalui aplikasi mobile.
- Dalam pengunaan login dengan fingerprint di aplikasi mobile, Pengguna harus
- menjadi Pengguna GPay dan Pengguna valid dari GPay;
- telah mengunduh aplikasi GPay di smartphone miliknya;
- mempunyai setidaknya satu fingerprint yang terdaftar di smartphone.
- Jika Pengguna ingin melakukan login menggunakan fingerprint, Pengguna harus mengaktifkan layanan ini di saat awal login pertama setelah berhasil membuat akun atau dari menu pengaturan profil di dalam aplikasi GPay.
- Setelah fitur fingerprint diaktifkan, Pengguna dapat melakukan login dan mengakses akun dengan menggunakan fingerprint scanner yang terdapat di smartphone Pengguna.
- GPay tidak bertanggung jawab atas adanya penyalahgunaan dari pihak lain yang Fingerprint-nya turut terdaftar dalam smartphone Pengguna.
- Pengguna mengetahui dan menyetujui bahwa GPay tidak menanggung atau menjamin, baik secara langsung maupun tidak langsung, terkait dengan penggunaan login fingerprint dan atau aplikasi GPay, yang disebabkan oleh, namun tidak terbatas pada:
- tahapan login menggunakan fingerprint atau aplikasi GPay telah memenuhi persyaratan; atau
- login menggunakan fingerprint atau aplikasi GPay akan selalu tersedia, dapat diakses ataupun berfungsi dengan jaringan infrastruktur, sistem atau layanan lain yang GPay tawarkan dari waktu ke waktu.
- GPay tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami Pengguna sehubungan dengan login fingerprint (baik secara sengaja atau tidak sengaja) atau menggunakan aplikasi GPay, bahkan jika GPay telah memberitahukan kemungkinan kerugian yang dialami, termasuk timbulnya kerugian dari:
- pelanggaran ketentuan GPay terkait proses login menggunakan fingerprint aplikasi GPay.
- terjadinya suatu proses akses yang tidak terotorisasi dan/atau penggunaan dari perangkat elektronik secara tidak sah.
- Penggunaan dalam segala bentuk oleh pihak lain terhadap informasi atau data yang berhubungan dengan Pengguna karena menggunakan login fingerprint aplikasi GPay dan/atau diperoleh dari penggunaan Pengguna ketika sign in melalui login fingerprint atau melalui aplikasi Mobile.
- akses ke aplikasi GPay dengan login fingerprint oleh pihak lain selain Pengguna.
- segala kejadian diluar pengendalian GPay atau karena penggunaan yang tidak wajar dan/atau terjadinya pemutusan atau penghentian pada saat login fingerprint atau aplikasi mobile.
- GPay akan mengajukan proses verifikasi yang memenuhi standar GPay untuk memungkinkan Pengguna melakukan transaksi keuangan dan/atau non-keuangan.
- Pengguna menyetujui untuk membebaskan GPay dari segala kerugian, tanggung jawab, klaim dan biaya (termasuk biaya hukum) yang mungkin terjadi dalam kaitannya dengan pelaksanaan instruksi dari GPay, kecuali Pengguna dapat membuktikan sebaliknya dan/atau transaksi yang dijalankan karena kesalahan dari GPay.
- Pengguna bertanggung jawab untuk memperoleh dan menggunakan perangkat lunak dan/atau peralatan yang diperlukan untuk dapat mengakses GPay dengan risiko yang ditanggung Pengguna.
- Pengguna juga bertanggung jawab atas kinerja dan keamanan (termasuk tanpa batasan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencegah Penggunaan atau akses yang tidak sah) dari setiap peralatan yang digunakan oleh Pengguna untuk mengakses GPay.
- Pengguna harus memastikan bahwa peralatan yang digunakan untuk mengakses GPay bebas dari kegagalan elektronik, mekanik, data yang gagal atau terkorupsi, virus komputer, bug dan/atau perangkat lunak yang berbahaya/tidak diizinkan oleh penyedia layanan telekomunikasi atau produsen atau vendor dari peralatan yang relevan.
ini termasuk:
Memastikan bahwa Pengguna tidak melakukan jailbreak, root atau memodifikasi perangkat mobile dan/atau peralatan lainnya atau mengunduh aplikasi yang tidak diizinkan karena hal ini dapat membuat perangkat lebih rentan terhadap virus dan malware.
- Pengguna menyetujui bahwa GPay tidak bertanggung jawab atas kegagalan elektronik maupun mekanik, atau data yang terkorupsi, virus komputer, bug dan/atau perangkat lunak yang berbahaya lainnya dari jenis apapun yang mungkin timbul dari layanan yang disediakan oleh penyedia layanan internet yang relevan atau informasi penyedia layanan.
- Pengguna bertanggung jawab untuk keamanan dari pencurian dan penyalahgunaan.
- GPay dibebaskan oleh Pengguna dari segala kerugian dan dampak hukum yang muncul disebabkan oleh pelanggaran ketentuan penarikan dana, sehingga membuat Pengguna yang termasuk dalam Daftar Hitam Pengguna yang biasa disebut Daftar Hitam Nasabah (DHN) yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.
- Dengan melaksanakan transaksi melalui aplikasi GPay, Pengguna memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Pengguna yang diterima oleh GPay akan diperlakukan sebagai bukti solid meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani, dan, dengan demikian, Pengguna setuju untuk mengganti rugi dan melepaskan GPay dari segala kerugian, tanggung jawab, tuntutan dan pengeluaran (termasuk biaya litigasi) yang dapat muncul terkait dengan eksekusi dari instruksi Pengguna.
- GPay hanya berkewajiban untuk melayani transaksi tunai yang ditetapkan oleh GPay. Penarikan tunai diperbolehkan hingga batas maksimum yang ditentukan oleh GPay. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di situs kami di gpay.id.
PEMBUKUAN
Pencatatan setiap transaksi yang terjadi dalam seluruh akun GPay yang menjadi dasar bagi GPay dan menyebabkan perubahan pada saldo akan diberikan dalam format yang dianggap tepat oleh GPay.
BIAYA
Informasi terkait biaya serta detail terkait lainnya juga dapat diperoleh dengan menghubungi Layanan Pengguna.
HUKUM DAN YURISDIKSI YANG BERLAKU
- Interpretasi dan implementasi Syarat dan Ketentuan ini diatur dan tunduk pada hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
- Untuk hal-hal yang terkait dengan Syarat dan Ketentuan serta seluruh konsekuensinya, Pengguna akan memilih tempat kedudukan hukum (domisili) yang tetap dan seumumnya di kantor kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan tidak mengurangi hak GPay untuk mengajukan gugatan hukum atau tuntutan terhadap Pengguna dalam pengadilan lain di Indonesia sesuai dengan hukum dan perundangan yang berlaku.
- Pengguna dan GPay sepakat untuk mengesampingkan ketentuan dalam Pasal 1266 Hukum Perdata Indonesia yang memberi GPay wewenang untuk menutup rekening secara sepihak.
- Syarat dan Ketentuan ini telah disesuaikan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan termasuk ketentuan peraturan Otoritas Jasa Keuangan.
PERNYATAAN DAN WEWENANG
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa setiap data, deskripsi dan tanda tangan Pengguna pada aplikasi yang digunakan oleh Pengguna, berbagai dokumen pendukung lain yang terkait dengan aplikasi, serta tiap instruksi operasional fasilitas Pengguna, serta wewenang yang diberikan oleh Pengguna pada pihak ketiga (jika ada) dan wewenang yang diberikan pada GPay adalah valid dan sah serta mengikat pada seluruh akun Pengguna, kecuali jika dinyatakan lain. Pengguna diwajibkan untuk segera memberikan informasi pada GPay atas tiap perubahan nama, alamat, nomor telepon, KTP/SIM/KITAS/PASSPORT dan hal lain yang menyimpang/berbeda dari data/deskripsi yang sebelumnya diberikan oleh Pengguna pada GPay terkait akun Pengguna. Kelalaian Pengguna dalam memberitahukan perubahan tersebut pada GPay sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa:
- GPay berhak untuk melakukan pengujian terhadap validitas data yang diberikan oleh Pengguna pada Aplikasi Pembukaan Rekening atau aplikasi untuk mengikuti fasilitas/layanan GPay atau aplikasi serupa; dan berhak untuk meminta data tambahan yang dibutuhkan oleh GPay.
- GPay telah memberikan penjelasan memadai mengenai karakteristik produk GPay yang akan digunakan dan Pengguna telah memahami seluruh konsekuensi dari Penggunaan produk GPay tersebut, termasuk keuntungan, risiko, biaya yang ditimbulkan terkait dengan produk.
- Pengguna dengan ini menyatakan memberikan wewenang pada GPay untuk mendebit langsung dana dari akun Pengguna untuk keperluan transaksi.
- Pengguna setuju untuk mengizinkan GPay memberikan dan/atau mendistribusikan data pribadi Pengguna kepada pihak ketiga yang telah melakukan kerjasama dengan GPay untuk tujuan administrasi dan/atau penawaran produk/layanan keuangan dan/atau dalam rangka peningkatan layanan terhadap Pengguna.
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa dia memahami dan sepenuhnya menyadari seluruh risiko yang ditimbulkan dari transaksi, tempat lain yang ditetapkan oleh GPay, serta sepenuhnya bertanggung jawab atas transaksi yang diproses, termasuk jika terjadi penyalahgunaan akun fasilitas/layanan oleh sebab apapun.
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna bersedia dikunjungi dan/atau dihubungi oleh GPay melalui sarana komunikasi pribadi Pengguna, untuk menyampaikan informasi (termasuk produk dan/atau layanan), pada hari kerja 09.00 – 18.00 waktu setempat.
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa GPay dibebaskan dari tuntutan/gugatan ganti rugi yang muncul akibat kegagalan sistem dan/atau fasilitas komunikasi yang disebabkan oleh faktor eksternal di luar kendali GPay.
- Pengguna dengan ini menyatakan akan tunduk dan terikat pada Syarat dan Ketentuan, persyaratan dan ketentuan yang terkait dengan akun fasilitas/layanan yang akan diterima oleh Pengguna seperti hukum, perundangan dan kuasa GPay yang berlaku di Republik Indonesia, akan halnya ketentuan yang ditetapkan oleh Republik Indonesia terkait dengan fasilitas/layanan yang diberikan oleh GPay pada Pengguna (meliputi tetapi tidak terbatas pada proses transaksi melalui media elektronik).
- Seluruh wewenang yang diberikan oleh Pengguna dalam Syarat dan Ketentuan tersebut diberikan dengan hak substitusi, dan sepanjang kewajiban Pengguna terhadap GPay belum sepenuhnya selesai, wewenang tersebut tidak dapat ditarik dan diakhiri untuk alasan apapun, termasuk tetapi tidak terbatas pada alasan yang disebutkan pada Pasal 1813 Hukum Perdata karena wewenang tersebut adalah komponen tak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan yang ada.
- Pengguna menyetujui dan mengakui GPay memiliki wewenang untuk meningkatkan, mengubah atau melengkapi Syarat dan Ketentuan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Setiap perubahan, tambahan atau pembaruan atas Syarat dan Ketentuan tersebut akan disosialisasikan melalui email Pengguna atau sarana komunikasi/informasi lainnya dan Pengguna terikat dengan perubahan dimasa mendatang tersebut.
KEADAAN KAHAR (FORCE MAJEURE)
- Pengguna akan membebaskan GPay dari segala tuntutan, jika GPay tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan GPay, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem kliring atau hal lainnya yang ditetapkan oleh GPay Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
- Setelah kejadian yang menyebabkan GPay tidak dapat melaksanakan instruksi dari Pengguna berakhir, GPay akan melanjutkan kembali instruksi tersebut dalam kurun waktu sesuai dengan ketentuan dari bank Indonesia dan/atau Otoritas Jasa Keuangan.
PENUTUPAN AKUN
- Akun GPAY Anda dapat ditutup karena hal-hal sebagai berikut:
- Permintaan oleh Anda.
- Kebijakan Kami berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Keadaan kahar terjadi selama 3 (tiga) bulan atau lebih secara berturut-turut dan/atau,
- Alasan lain sehubungan dengan pemblokiran akun.
- Kami akan mengembalikan saldo akun GPAY Anda melalui metode yang Kami tentukan, setelah dikurangi dengan biaya yang terutang (jika ada), kecuali jika berdasarkan pertimbangan Kami diperlukan adanya penahanan bagian tertentu dari saldo GPAY Anda, misalnya karena keyakinan yang wajar bahwa bagian tersebut berhubungan dengan atau dihasilkan dari penipuan dan/atau tindak pelanggaran hukum lainnya.
- Akun GPAY Anda akan diakhiri secara otomatis atau ditutup ketika Anda menutup akun GPAY Anda.