Hal yang perlu diperhatikan sebelum bertransaksi:
- Mohon menjaga kerahasiaan data anda untuk keamanan transaksi.
- Selalu memperhatikan layar konfirmasi sebelum melakukan otorisasi/menyetujui transaksi.
- Memastikan telepon selular mendapatkan jaringan internet yang memadai untuk bertransaksi.
- Memastikan memiliki saldo yang cukup dan tidak dalam keadaan terblokir saat transaksi.
- Pastikan Anda telah mengetahui dan memahami syarat dan ketentuan yang berlaku untuk setiap produk dan layanan GPay yang ditawarkan.
Pemblokiran
- Anda dapat memblokir dengan menghubungi Customer Care GPay apabila telepon selular Anda hilang atau karena penyebab lainnya.
- Customer Care GPay akan melakukan verifikasi kebenaran data sesuai dengan prosedur yang berlaku.
- Jika verifikasi sesuai, Customer Care GPay akan memroses pemblokiran.
Penutupan
- Anda dapat melakukan penutupan, dengan menghubungi Customer Care GPay.
- Customer Care GPay akan melakukan verifikasi kebenaran sesuai dengan prosedur yang berlaku dan menanyakan rekening Anda untuk pengembalian (refund) sisa saldo Gpay anda.
- Jika verifikasi sesuai, Customer Care GPay akan memproses penutupan .
- Produk dan/atau layanan GPay ini telah mendapat otorisasi dari dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan
- Penting:
Apabila terjadi gangguan sistem di GPay atau gangguan di Operator Selular, maka untuk sementara waktu layanan GPay tidak dapat diakses.
Lindungi Diri Anda dari pengambilalihan nomor telepon selular (SIM Swap). SIM Swap adalah penggantian SIM card telepon selular melalui operator seluler secara ilegal oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dengan tujuan memperoleh akses transaksi GPay Anda seperti menerima OTP (One-Time Password) atas suatu transaksi online yang tidak Anda lakukan.
Berikut Tips untuk Menghindari SIM Swap:
- Segera hubungi operator seluler Anda ketika layanan komunikasi melalui ponsel tidak berfungsi, seperti tidak melakukan / menerima panggilan maupun SMS.
- Segera email ke hello@gpay.id jika menemukan indikasi / memperoleh informasi bahwa Anda menjadi korban SIM Swap.
- Tidak mempublikasikan nomor telepon selular di media sosial atau gunakanlah nomor telepon selular yang berbeda untuk aktivitas perbankan Anda.
- Berhati-hatilah saat Anda memberikan data pribadi (tanggal lahir, nomor ponsel) kepada pihak lain.
Pastikan akurasi informasi pribadi Anda.
Informasikan kepada GPay setiap kali terjadi perubahan data pribadi Anda dilengkapi dengan dokumen pendukung yang diperlukan. Data-data tersebut termasuk namun tidak terbatas pada:
- Alamat email
- Nomor telepon & nomor telepon genggam
- Nomor dan masa berlaku identitas (KTP)
- Nomor NPWP
Tips menjaga PIN Anda
- Ingatlah PIN Anda dan hindari mencatat nomor PIN Anda.
- Hindari penggunaan nomor-nomor yang mudah ditebak orang lain sebagai nomor PIN Anda seperti tanggal lahir, nomor telepon, dsb.
- Jangan beritahukan PIN Anda kepada orang lain, termasuk kepada seseorang yang mengaku dari pihak GPay atau pihak yang berwajib.
- Ganti PIN secara berkala.
- Pastikan tidak ada orang yang melihat Anda memasukkan PIN Anda.
Hati-hati dengan Phishing
Email phishing terlihat seakan-akan berasal dari perusahaan yang sah. Mereka memperingatkan Anda tentang adanya masalah yang harus cepat diselesaikan mengenai akun Anda dan memancing Anda untuk mengklik link yang menghubungkan Anda kepada situs yang palsu. Customer Care GPay hanya akan mengirimkan email resmi dengan alamat email customercare@gpay.id atau hello@gpay.id. Ingatlah bahwa perusahaan yang sah tidak akan meminta informasi pribadi Anda melalui email.Tanda-tanda lain yang mengindikasikan email penipuan:
- Adanya sapaan yang umum seperti "Dear user" dan/atau informasi lain yang tidak ditujukan secara khusus untuk Anda di dalam isi email tersebut.
- Gambar logo perusahaan yang terlihat aneh (terdistorsi atau terlalu melebar ke samping).
- Link di email tidak sesuai dengan URL dari situs yang sah.
- Terdapat lampiran yang dapat meluncurkan virus atau spyware di komputer Anda.
Phishing Websites, Email penipuan (phishing) dapat mengarahkan Anda ke situs yang sangat meyakinkan. Perhatikan tanda-tanda berikut ini:
- Situs mengancam akan menutup akun Anda jika Anda tidak memverifikasi informasi pribadi Anda.
- Website mengeluarkan pesan error dan meminta anda untuk log in.
- URL tidak benar. Contohnya. Anda melihat www.xxx.com dan bukan alamat yang benar yaitu www.xxx.id.
- URL bisa juga berisi angka (seperti alamat IP) atau tanda "@".
- Lokasi ikon gembok tidak berada pada tempat yang seharusnya. Ikon tersebut harusnya ada di status bar di sebelah kanan bawah dan bukan di dalam halaman situs.
- Jika Anda double-click ikon kunci, Anda menerima peringatan bahwa alamat website tidak sesuai dengan security certificate.
- Gambar logo terdistorsi atau tampak terlalu melebar ke samping, yang menunjukkan bahwa logo tersebut telah disalin.
- Terdapat kesalahan tata bahasa dan pengejaan. Jika terdapat nomor telepon pada situs palsu tersebut, nomor tersebut tidak sesuai dengan nomor telepon pada akun Anda.
- Anda tidak dapat terhubung dengan home page dari website yang palsu.
Mengenal penipuan melalui telepon:
Jangan pernah memberikan informasi pribadi melalui telepon kecuali Andalah yang melakukan panggilan. Berhati-hatilah atas hal-hal di bawah ini:
- Pesan otomatis dengan permintaan mendesak untuk memverifikasi akun Anda.
- Voicemails yang meminta Anda untuk menelepon nomor dengan kode internasional lainnya. Anda akan mendapat tagihan telepon yang mahal.
- Untuk mendapatkan hadiah lotere atau hadiah lainnya, Anda diminta untuk menelepon kode dua digit diawali atau diakhiri dengan tanda "#" atau "*" (contoh: *79 or 72#). Ini merupakan penipuan call-forwarding.
- Staf GPAY tidak akan pernah menanyakan password Anda.
Lindungi Data Diri dan Rekening Anda dari Mobile Malware
Mobile Malware atau Mobile Malicious Software merupakan perangkat lunak berbahaya yang menyerang perangkat mobile Anda seperti smartphone maupun tablet dengan tujuan untuk merusak sistem operasi atau aplikasi dan/atau mencuri data pribadi maupun data perbankan anda.
Demi keamanan transaksi perbankan dengan perangkat mobile Anda, pastikan:
- Melakukan instalasi anti-virus/anti-malware yang handal pada perangkat anda (jika perangkat anda belum dilengkapi anti-virus/anti-malware) dan mengkinikan secara reguler anti-virus/anti-malware maupun perangkat lunak mobile endpoint protection lainnya;
- Hanya melakukan instalasi perangkat lunak mobile dari apps store resmi;
- Tidak melakukan instalasi perangkat lunak yang mencurigakan dan meminta izin akses yang berlebihan;
- Tidak melakukan jailbreaking* atau rooting* pada perangkat mobile Anda
Jenis Transaksi :
-
- Upgrade Layanan Full Service (Biaya Gratis).
- Biaya Pembayaran Merchant (Biaya Gratis).
- Biaya Top Up Saldo di Booth GPay (Biaya Gratis).
*Jailbreaking atau Rooting adalah suatu modifikasi pada sistem operasi perangkat mobile iOS (Jailbreaking) atau Android (Rooting) yang bertujuan untuk memperoleh akses penuh terhadap sistem operasi, dimana hal ini dapat menyebabkan perangkat mobile menjadi lebih rentan dari bahaya Mobile Malware